Senin, 29 Oktober 2012

Cara Membuat Toko Online Gratis

Bisnis toko online sekarang ini sudah menjadi trend dan berkembang dengan begitu pesatnya.para pelaku bisnis sekarang sudah banyak yang beralih ke metode bisnis secara online,yaitu dengan menggunakan toko online sebagai media untuk memasarkan produk-produk mereka.

Namun buat para pemula yang ingin juga memasarkan produk mereka secara online pasti mereka sangat ingin bisa membuat dan memiliki toko online,tapi untuk membuat toko online dengan memanfaatkan keahlian orang lain tentu akan mahal sekali harganya. mungkin bisa sampai jutaan rupiah.nah saya ada kabar gembira buat temen-temen yang sangat ingin sekali tahu cara membuat toko online sendiri.cara ini benar-benar GRATIS!.saya berharap dengan tutorial ini bisa membantu keinginan anda yang sudah ngebet sekali ingin punya toko online sendiri.

Untuk membuat toko online banyak sekali pilihanya sekarang ini ada yang bisa pakai script toko online,menggunakan plugin,dan CMS. Nah,salah satu yang akan saya ulas dlam posting kali ini adalah cara membuat toko online dengan menggunakan CMS Wordpress.kenapa saya pilih wordpress?

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Hal ini bisa terlihat dari traffic WordPress di Alexa. Di sisi lain meningkatnya pengguna internet di Indonesia memberikan peluang bisnis baru bagi para entrepreneur, peluang tersebut salah satunya adalah membuka toko online.

Tulisan ini akan membahas mengenai toko online menggunakan menggunakan WordPress. Mengapa menggunakan WordPress? Karena wordpress merupakan CMS yang sangat mudah digunakan.

Berikut step by step cara membuka toko online gratis menggunakan WordPress:

1. download wordpress versi terbaru

2. gunakan dengan keyword “wordpress themes” untuk mencari "theme wordpress)

3. Jika sudah ada yang cocok download themes yang sesuai dengan toko online yang akan dibuat

4. kemudian anda bisa download plugins “e-shop” pada direktori plugins wordpress.

5. Klik www.000webhost.com, lalu register sebgai anggota di sana

6. Kemudaian setelah punya akun di 000webhost.com, masuk ke cpanel dan tambahkan website baru pada cpanel list.

7. buat nama toko online yang sesuai dengan produk yang akan anda jual, biasanya 000wbhost menyarankan nama subdomain gratisan untuk web kita dengan klik menu "Create New).

8. jika sudah buat nama domain kemudian masuk ke cpanel toko online yang sudah anda buat tadi

9. Lalu klik ikon “file manager” di menu cpanel anda.

10. Kemudian pada direktori “public_html”, upload WordPress yang sudah kita download.saya sarankan anda upload file wordpress menggunakan software FTP.agar lebih cepat.

11. Masih dalam “cpanel” cari dan klik ikon “mysql” lalu buatlah database untuk toko online kita (bisanya terdiri dari nama host, nama data base,  nama user, password)

12. kemudian anda edit “wp-config.sample.php” sesuai dengan database yang sudah anda buat tadi, lalu gantilah namanya menjadi “wp-config.php”, sampai langkah ini wordpress sudah siap diinstall.

13. kemudian untuk menginstall toko online ketikkan pada brwoser anda, “http://nama-toko-online-anda.subdomain.com lalu tekan "Enter" pada keyboard anda.

14. kalau nama database anda benar, biasanya langsung masuk ke halaman untuk mengisi : “judul” dan “deskripsi” toko online anda.

15. lalu klik next, dan copy password yang ada di sana.atau anda bisa buat pasword dan username baru untuk masuk ke wp-admin anda nanti.

16. klik next, lalu isilah kolom admin dengan “admin” dan password dengan mem-paste password yang sudah dikopi dari halaman sebelumnya.(buat pasword baru)

17. Anda akan masuk ke dashboard wordpress anda, dan instalasi sukses.

18. Klik “Plugins” dan “add new” pada dashboard, di sidebar kiri.

19. Tambahkan plugins “eshop” yang sudah anda download, dengan mengklik “upload” lalu pilihlah file “eshop” tadi

20. akitvasi plugin, dengan mngklik “activate”

22. untuk mengganti themes wordpress anda, silakan kilk “appearance” lalu “Add New themes” pada dashboard sebelah kiri bawah.

23. lalu pilih uploads dan pilihlah themes wordpress yang sudah didownload tadi, laliu klik ‘install Now”lalu aktivasi dengan mengklik “activate”, dengan demikian anda sudah memilii toko online yang sudah memiliki fasilitas e-commerce (berupa shopping cart, dsb)

Bagaimana, sangat mudah kan? sekarang segera buat toko online anda dan segera mulai jualan di internet.apa anda punya cara lain untuk membuat toko online silahkan berbagi disini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri komentar anda ya jika artikel di blog ini bermanfaat, tapi ingat jangan buat komentar SPAM hehe...